Program Studi

Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur menyelenggarakan program akademik S-1 yang terdiri d

ari 5 program studi:

Menyelenggarakan program akademik dengan kompetensi di bidang pertanian tanaman semusim (lahan basah dan kering), perkebunan, hortikultura (buah-buahan) serta teknologi-teknologi yang menunjang keberlanjutan produksi (seperti: pemuliaan tanaman, bioteknologi, pemberantasan hama dan penyakit, dll.). Selain itu, Program Studi Agroteknologi menyelenggarakan bidang akademik khusus nnya, yaitu: Agribisnis yang bergerak dibidang manajemen pertanian yang berkaitan dengan sosial ekonomi pertanian. Berkompetensi dalam pengelolaan sumber daya manusia dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menyelenggarakan program akademik dengan kompetensi yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya laut & pesisir, serta pemanfaatan ilmu-ilmu terkait dalam mendalami pengetahuan tentang laut beserta isinya. Selain itu, program studi ilmu kelautan juga menyelenggarakan bidang kajian khusus yaitu studi Budidaya Perairan yang menyelenggarakan program akademik yang berhubungan dengan budidaya beserta teknologinya dibidang perairan, baik air tawar, air payau, maupun air laut.

 

Menyelenggarakan kegiatan akademik dibidang keteknikan, irigasi dan pengolahan lahan, dan pengolahan hasil pertanian. Setiap mahasiswa-nya menguasai pengetahuan tentang teknologi-teknologi pendukung bidang pertanian beserta hasilnya.

Menyelenggarakan program akademik tentang hutan beserta isinya, serta pengetahuan-pengetahuan yang mendukung kelestarian dan keberlanjutan hutan. Berkompetensi dalam budidaya hutan alam dan tanaman, teknologi pemanfaatan hasil hutan, perlindungan kelestarian hutan, serta pengelolaan hutan yang selaras antara hasil dan kelestarian.

Menyelenggarakan program akademik yang berkaitan dengan budidaya dan pengolahan hasil ternak. Berkompetensi dibidang nutrisi (pakan), teknologi pengolahan hasil ternak, persilangan ternak, dan peningkatan produksi ternak.