Profil

Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur, biasa disebut STIPER Kutai Timur, di Kota Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. STIPER Kutai Timur berdiri sejak tahun 2001 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 163/D/O/2001 tanggal 30 Agustus 2001, tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program-Program Studi dan Pendirian Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur di Kalimantan Timur yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Kutai Timur di Kalimantan Timur.

Pada awalnya ijin penyelenggaraan Program-Program Studi di STIPER Kutai Timur meliputi : Program Studi Agronomi, Program Studi Budidaya Hutan, Program Studi Teknik Pertanian, Program Studi Ilmu Kelautan. Nama Program Studi Agronomi selanjutnya pada tahun 2008 berubah menjadi Program Studi Agroteknologi, dan Program Studi Budidaya Hutan menjadi Program Studi Kehutanan. Mulai tahun 2016, STIPER Kutai Timur memiliki Program Studi Peternakan. Seluruh Program Studi yang ada berjenjang S-1.

Azas dan Fungsi Tujuan program pendidikan Sarjana (S1) diarahkan pada hasil lulusan yang memiliki ciri-ciri: (1) berjiwa Pancasila, bersifat terbuka, tanggap baik terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi maupun terhadap masalah yang dihadapi oleh masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan keahliannya; (2) menguasai dasar-dasar ilmiah dan pengetahuan serta metodologi bidang keahlian tertentu sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan cara penyelesaian masalah di bidang keahliannya; (3) mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi yang dimilikinya sesuai dengan bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat; (4) mempunyai perilaku sosial kemasyarakatan sehingga mampu berinteraksi dalam kehidupan bermasyarakat sesuai dengan profesinya.

Visi Sekolah Tinggi Pertanian (STIPER) Kutai Timur adalah menjadikan STIPER Kutai Timur sebagai pusat pendidikan, penelitian,pengabdian dan pengembangan ilmu pertanian melalui pemanfaatan lahan pasca tambang dan marginal, serta pengembangan berbagai komoditi pertanian di lahan perkebunan, hutan dan wilayah pesisiruntuk mendukung pengembangan agribisnis dan agroindustri yang berkelanjutan.

Misi STIPER Kutai Timur adalah : (1) Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang terencana dan berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berahlak mulia dan profesional, memiliki nasionalisme dan berbudaya Indonesia, berkompetensi yang tinggi, dan berjiwa wirausaha. (2) Meningkatkan frekuensi dan mutu penelitian untuk menopang pengembangan ilmu dan teknologi yang bersinergi dengan pembangunan pertanian khususnya di lahan pasca tambang dan integrasi perkebunan dan/atau hutan. (3) Meningkatkan pelaksanaan pengabdian dan pelayanan pada masyarakat dengan memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki secara optimal. (4) Meningkatkan relevansi ilmu, kualitas dan daya saing yang berkelanjutan melalui kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi. (5) Membangun dan meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak secara berkelanjutan menuju kemandirian, serta mendukung akselerasi pembangunan pertanian khususnya di Kutai Timur.

Tujuan STIPER Kutai Timur, antara lain: (1) Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang maha Esa, berkualitas, berkompetensi, memiliki sikap mental, dan etika profesi, pengetahuan, keterampilan, kreativitas dan kepemimpinan yang baik dan berahlak mulia, profesional, berbudaya Indonesia mempunyai pengetahuan dan wawasan yang luas. (2) Menjadikan lulusan terserap dalam dunia kerja dan atau menciptakan lapangan kerja. (3) Meningkatkan prestasi akademik mahasiswa dan potensi profesinya sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki, memperkokoh rasa kebersamaan di antara para mahasiswa, menciptakan suasana yang kondusif dalam lingkungan kampus. (4) Memperluas kesempatan bagi masyarakat untuk menempuh pendidikan tinggi di bidang pertanian. (5) Menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung visi dan misi STIPER. (6) Melaksanakan penelitian dasar dan terapan bidang pertanian yang sesuai untuk lingkungan lahan pasca tambang, perkebunan, kehutanan dan kelautan. (7) Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil penelitian dan pemanfaatan sumberdaya secara optimal. (8) Pengembangan pengelolaan dan pelayanan administrasi yang efisien dan efektif. (9) Mengembangkan kemandirian organisasi dan jaringan kerjasama untuk meningkatkan daya saing di tingkat daerah dan nasional dengan dukungan masyarakat kampus, alumni,