Pembelajaran

Ruang Kuliah

Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur memiliki 7 gedung dengan 48 ruang kuliah yang tersebar di masing-masing program studi, dengan fasilitas belajar mengajar yang memadai. 

Laboratorium 

Fasilitas laboratorium terintegrasi pada gedung laboratorium ilmu dasar untuk percobaan-percobaan biologi, fisika, dan kimia. Untuk pelaksanaan pembelajaran danpenelitian terapan terdapat fasilitas-fasilitas lain seperti bengkel, persemaian, kolam, dll.

Kebun Percobaan

Kebun dan Hutan Pendidikan yang terletak di Kecamatan Karangan, Kutai Timur dengan luas lahan ± 15 Ha.

Waktu Perkuliahan

Pelaksanaan kegiatan akademik dilaksanakan dalam satu tahun akademik. Satu tahun akademik terdiri atas dua
semester yaitu semester gasal dan semester genap yang masing-masing meliputi jangka waktu 18 minggu terdiri atas perkuliahan, minggu tenang, dan kegiatan evaluasi. Perkuliahan dilaksanakan sesuai dengan jam kerja, yaitu hari Senin – Jum’at pukul 08.00 WITA sampai dengan 15.30 WITA.

Pelayanan

Operasional STIPER Kutai Timur dijalankan oleh sejumlah staf dan karyawan. Koordinasi pelayanan administrasi dan akademik terpadu dilaksanakan di Kantor Pusat dikoordinasikan oleh kepala tata usaha, dengan jam kerja setiap hari Senin – Jum’at pukul 08.00 WITA sampai dengan 15.30 WITA. Pelaksanaan kegiatan akademik dan unit – unit penunjangnya dilaksanakan masing – masing gedung/fasilitas di lingkungan kampus. 

Biaya

Perkuliahan di STIPER Kutai Timur hingga kini di biaya oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Timur. Mahasiswa hanya dibebankan biaya administrasi. Mahasiswa diharapkan untuk dapat secara mandiri untuk menyesuaikan kebutuhan hidup di wilayah Kota Sangatta.