Visi, Misi, dan Tujuan

Visi

Menjadi pusat pendidikan, penelitian,pengabdian dan pengembangan ilmu pertanian melalui pemanfaatan lahan pasca tambang dan marginal, serta pengembangan berbagai komoditi pertanian di lahan perkebunan, hutan dan wilayah pesisiruntuk mendukung pengembangan agribisnis dan agroindustri yang berkelanjutan.

Misi

  1. Menyelenggarakan perguruan tinggi yang terencana dan berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, dan professional, berbudaya Indonesia dan berjiwa wirausaha.
  2. Meningkatkan frekuensi penelitian untuk menopang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersinergi dengan pembangunan pertanian tropika basah dan reklamasi lahan pasca tambang.
  3. Meningkatkan relevansi ilmu, kualitas dan daya saing yang berkelanjutan melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  4. Membangun dan meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak secara berkelanjutan menuju kemandirian dan mendukung akselerasi pembangunan pertanian khususnya di Kutai Timur.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang maha Esa, berkualitas, berkompetensi, memiliki sikap mental, dan etika profesi, pengetahuan, keterampilan, kreativitas dan kepemimpinan yang baik dan berahlak mulia, profesional, berbudaya Indonesia mempunyai pengetahuan dan wawasan yang luas.
  2. Menjadikan lulusan terserap dalam dunia kerja dan atau menciptakan lapangan kerja.
  3. Meningkatkan prestasi akademik mahasiswa dan potensi profesinya sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki, memperkokoh rasa kebersamaan di antara para mahasiswa, menciptakan suasana yang kondusif dalam lingkungan kampus.
  4. Memperluas kesempatan bagi masyarakat untuk menempuh pendidikan tinggi di bidang pertanian.
  5. Menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung visi dan misi STIPER.
  6. Melaksanakan penelitian dasar dan terapan bidang pertanian yang sesuai untuk lingkungan lahan pasca tambang, perkebunan, kehutanan dan kelautan.
  7. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil penelitian dan pemanfaatan sumberdaya secara optimal.
  8. Pengembangan pengelolaan dan pelayanan administrasi yang efisien dan efektif.
  9. Mengembangkan kemandirian organisasi dan jaringan kerjasama untuk meningkatkan daya saing di tingkat daerah dan nasional dengan dukungan masyarakat kampus, alumni, pemerintah, industri dan masyarakat.